Berita | KLUB Panasonic

Kompetensi Teknisi

Tingkatkan Kompetensi Teknisi AC di Indonesia melalui Panasonic Air Conditioning Training Centre (PACT)

Jakarta, 8 Februari 2018 – Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk Air Conditioner (AC) membuat jasa teknisi AC professional yang semakin dibutuhkan. Seiring dengan peringatan 100 tahun pendiriannya ditahun ini, Panasonic terus berusaha berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia di Indonesia salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Air Conditioner Technical Competition di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan memberikan sertifikasi untuk para teknisi AC di Indonesia agar menjadi teknisi AC yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Tadaharu Taguchi, Vice President Director PGI mengatakan “Sejak didirikan pada tahun 1918, Panasonic telah mendedikasikan diri untuk memperbaiki kehidupan dan membantu kemajuan masyarakat sesuai dengan tagline perusahaan “A Better Life, A Better World”. Menuju 100 tahun berdirinya Panasonic, kami selalu berupaya untuk ikut serta dalam pengembangan sumber daya manusia, terutama di Indonesia. Kegiatan Air Conditioner Technical Competition ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme serta menciptakan para teknisi Indonesia yang mandiri dan sesuai dengan standar industri. Kegiatan ini juga mampu menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan Industri elektronik, terutama produk AC,”

Selviah Baladraf, Manager Service Department Panasonic Gobel Indonesia menambahkan “Pada tahun 2017, Panasonic menyeleksi sekitar 5.500 peserta training AC yang terdiri dari Teknisi Panasonic, Teknisi Dealer, Teknisi Authorized Panasonic juga Teknisi independent dimana 30 peserta terbaik masing-masing area akan menjadi peserta kompetisi ini yang penilaiannya dilakukan oleh LSP – EI Yayasan Matsushita Gobel dibawah pengawasan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Seluruh peserta yang terpilih akan mendapatkan sertifikat kompetensi profesi bagi tenaga kerja yang dikeluarkan BNSP dan bagi pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah uang tunai serta perangkat kerja.

Selain mengadakan kompetisi dan sertifikasi untuk teknisi AC, Panasonic juga akan menyelenggarakan pelatihan Panasonic Air Conditioning Training Centre (PACT) di kota-kota besar yang tersebar di Indonesia. Pelatihan ini akan memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan standar dari Panasonic. Dengan kegiatan pelatihan PACT ini, kualitas sumber daya teknisi Indonesia akan semakin bersaing dengan teknisi lain di luar negeri serta merupakan aksi nyata dari prinsip Perusahaan Panasonic Gobel Indonesia yaitu Utamakan berbakti pada negara melalui industri, Utamakan kerjasama dengan keselarasan, dan utamakan menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman.

Heribertus Ronny, Assistant General Manager Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, “Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pengembangan kualitas hidup di Indonesia, kami dengan agresif menyelenggarakan pelatihan PACT Center di 19 kota untuk training installer dan juga 6 kota untuk training konsultan dan sekolah kejuruan di Indoensia dengan kurikulum yang sesuai dengan standar industri. Kami harap dengan pelatihan ini, akan muncul bibit-bibit unggul teknisi dari Indonesia yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan standar industri dan pasar elektronik dunia,”

Selain peningkatan kualitas sumber daya manusia, Panasonic juga menjunjukkan kepeduliannya akan peningkatan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia dengan secara rutin mendukung Sekolah Kejuruan teknisi Refrigerasi setiap tahunnya dalam hal instalasi dan perbaikan AC. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan, kematangan sumber daya manusia dan bahkan menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan Industri.

“Dengan target peserta training mencapai 20.000 hingga tahun 2020, Panasonic merupakan perusahaan elekronik dengan jumlah peserta training terbesar melalui pelatihan PACT, diharapkan melalui program ini kemampuan dan kompetensi teknisi Indonesia semakin membaik”, tutup Tadaharu Taguchi.    
                                                                                                                                        ***

Mengenai Grup Panasonic di Indonesia
Panasonic Corporation merupakan salah satu pemimpin dalam pengembangan teknologi elektronik di dunia, baik untuk konsumen rumah tangga, bisnis, industri, serta perlengkapan pribadi. Sejak didirikan pada tahun 1918, Panasonic telah dan memiliki lebih dari 500 perusahaan konsolidasi di seluruh dunia. Berkomitmen untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen melalui inovasi teknologi di segala bidang, Panasonic mendukung terciptanya kehidupan dan dunia yang lebih baik bagi konsumennya. Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kali dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio ‘Tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Hingga saat ini, Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari audio visual, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya. Untuk informasi tentang Panasonic, silakan kunjungi website kami di www.panasonic.com/id atau telpon Customer Care Center kami di 0804-1-111-111

Diterbitkan oleh PT Panasonic Gobel Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Viya Arsawireja

Head of Corporate Communications – PT. Panasonic Gobel Indonesia
Jl. Dewi Sartika 14 (Cawang II), Jakarta 13630
Phone: +62-21-8090108 
E-mail: corp.comm.@id.panasonic.com