Berita | KLUB Panasonic

Inilah Sineas Cilik

Inilah Sineas Cilik Pemenang “Kid Witness News 2016/2017” dari Panasonic Gobel Indonesia yang akan Mewakili ke tingkat Global

Jakarta, 7 Februari 2017 – Setelah melalui serangkaian proses seleksi dan pelatihan yang panjang. PT Panasonic Gobel Indonesia akan mengumumkan pemenang Program Kid Witness News 2016. Sineas Muda dengan karya terbaik, akan mewakili Indonesia pada program Kid Witness News tingkat Global.

Setelah berhasil memilih 10 finalis terbaik yang terbagi menjadi 2 (Dua) kategori dari tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama dari 260 naskah yang terkumpul, PT Panasonic Gobel Indonesia berkerja sama dengan pihak-pihak yang berdedikasi tinggi dalam bidang perfilman untuk membekali dan memberikan pengarahan untuk pembuatan film tersebut. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan para finalis dalam berkompetisi dengan peserta dari Negara-negara lain pada program Kid Witnes News tingkat global.

"Selaku penyelenggara, kami telah berunding dengan tim dewan juri untuk memutuskan Pemenang dari setiap kategori (SD & SMP) program Kid Witness News 2016 Indonesia. Hari ini kami sangat bangga dengan hasil karya mereka yang memukau serta membawa nilai-nilai sosial. Kami sangat bangga akan hasil karya sineas-sineas muda berbakat Indonesia. Tim yang akan mewakili Indonesia pada Kid Witness News tingkat global pada ketegori sekolah dasar (primary) adalah SD Al Azhar Bintaro 17 sementara untuk ketegori sekolah menengah pertama (secondary) adalah SMP Regina Pacis Bogor. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan tidak hanya untuk pemenang namun juga untuk kita semua" Ujar Viya Arsawireja, Corporate Communication Manager PT. Panasonic Gobel Indonesia.

Viya Arsawireja menambahkan, "Setelah, sebelumnya ke-10 (sepuluh) finalis terbaik diberikan pelatihan (workshop) yang meliputi penulisan naskah, sinopsis, proses perekaman gambar (shooting), editing, music scoring dan soundtracking pada 19 – 22 Desember 2016 lalu, kami melakukan tahap akhir seleksi yang ketat oleh dewan juri yang terdiri dari pakar perfilman dari London School of Public Relations Jakarta yang diwakili oleh Annisa Hara, sutradara videographer Anggy Umbara, perwakilan dari Panasonic Gobel Indonesia, serta artis senior Christine Hakim."

Pemenang di setiap kategori untuk program Kid Witness News 2016 Indonesia kategori sekolah dasar (Primary) adalah SD Al Azhar Bintaro dengan video berjudul Bahasa Sunyi. Sementara untuk Sekolah Menengah Pertama (Secondary) adalah SMP Regina Pacis Bogor dengan video berjudul Love Letters.

Christine Hakim, artis senior Indonesia serta Dewan Juri untuk program Kid Witness News 2016 ini mengatakan "Melihat hasil karya dari sineas-sineas muda berbakat Indonesia, membuat saya yakin mereka mampu untuk berkompetisi diajang internasional. Mereka menyadari dan mengangkat cerita sederhana yang diangkat dari kehidupan sehari-hari, namun memiliki pesan moral yang cukup mendalam. Hal ini menjadi aspek penting dalam pembuatan film yang termasuk sebagai kriteria penilaian." 

Program ini memiliki fase-fase yang diawali dengan sosialisasi, dilanjutkan dengan seleksi 10 besar yang akan dipilih untuk berkesempatan mendapatkan pelatihan pembuatan naskah dan film dari akademis serta praktisi profesional perfilman Indonesia. Selain itu, Program Kid Witness News 2016 telah dilaksanakan untuk ke-13 kalinya di Indonesia. Rangkaian program KWN ini dimulai sejak Oktober 2016 dilengkapi juga dengan program pelatihan membuat film.

"Program Kid Witness News 2016 ini merupakan bagian dari komitmen Panasonic dalam memberikan kesempatan pada generasi muda Indonesia yang berusaha 10-15 tahun untuk dapat mengembangkan bakat dan kreativitas, terutama dalam hal pembuatan film pendek dan diharapkan dapat terus meningkatakan kualitas dari sumber daya manusia di Indonesia" tutup Viya Arsawireja.

Mengenai Grup Panasonic di Indonesia
Panasonic Corporation merupakan salah satu pemimpin dalam pengembangan teknologi elektronik di dunia, baik untuk konsumen rumah tangga, bisnis, industri, serta perlengkapan pribadi. Sejak didirikan pada tahun 1918, Panasonic telah dan memiliki lebih dari 500 perusahaan konsolidasi di seluruh dunia. Berkomitmen untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen melalui inovasi teknologi di segala bidang, Panasonic mendukung terciptanya kehidupan dan dunia yang lebih baik bagi konsumennya. Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kali dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio ‘Tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Hingga saat ini, Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya. Untuk informasi tentang Panasonic, silakan kunjungi website kami.

Diterbitkan oleh PT Panasonic Gobel Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Viya Arsawireja
Corporate Communications Manager – PT. Panasonic Gobel Indonesia
Phone: +62-21-8090108 ext.2601
E-mail: viyati.vira @id.panasonic.com
www.panasonic.com/id atau telpon Customer Care Center kami di 0804-111-1111